Ini 9 Cara Pensiun Dini di Usia 40 Tahun

Bintang.com, Jakarta Biasanya, orang akan pensiun di usia 50-an tahun. Tapi, bukan berarti tidak mungkin kalau kamu bisa pensiun di usia yang lebih muda. Ada banyak hal baik dan keuntungan kalau kamu berhasil sukses sebelum berumur 40 tahun.

Pensiun bukan berarti kamu berhenti bekerja. Ada sebagian orang yang tak mau pensiun lantaran sangat mencintai pekerjaannya. Ada juga yang menamakannya pengambdian. Apa pun itu, ‘pensiun’ di sini artinya hidupmu sudah settle. Kamu tak kesulitan uang, tak ada tunggakan, dan memiliki semua kebutuhan pokok yang layak. Bukan mudah memiliki pencapaian tersebut sebelum berumur 40 tahun. Tapi sulit, bukan berarti tidak bisa, kan?

1. Seperti yang Jack Ma bilang, di usiamu yang masih 20-an tahun sebaiknya bekerja di sebuah perusahaan baru. Dengan begitu kamu akan mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan. Nah, pada usia 30 tahun, sebaiknya kamu sudah memiliki pekerjaan yang sesuai dengan passion.

2. Kamu bekerja memang untuk mendapatkan uang. Uang akan kamu gunakan untuk hidup. Tapi sudahkah kamu melihat kehidupan orang lain? Jangan hanya menatap masa depan yang lurus-lurus saja. Lihatlah sekelilingmu selagi kamu melangkah maju ke masa depan. Kamu mungkin akan sukses saat bekerja keras. Tapi alangkah baiknya kalau kamu juga ikut menyukseskan orang lain.

3. Kamu tak perlu sepenuhnya melupakan kesenangan dan hura-hura. Bekerja terus menerus hanya akan membuatmu stres. Apa gunanya banyak uang tanpa mental dan fisik yang sehat? Luangkan waktumu sedikit untuk teman dan keluarga serta dirimu sendiri. Ingin sukses bukan berarti kehilangan masa muda.

4. Meskipun sudah berkepala 3, bukan berarti buku tak lagi dibaca. Belajar itu tak boleh dihentikan. Selama kamu masih bernapas, belajarlah tanpa henti dari siapa pun. Dan yang paling penting, jangan pernah ‘mengkristalkan’ pikiranmu sehingga sulit menerima opini dan ide baru.

5. Kamu mungkin akan bahagia kalau punya banyak uang. Dengan begitu kamu bisa membantu kelurga bahkan orang-orang lain yang membutuhkan pertolonganmu. Tapi, apakah  sukses masih bisa dinikmati kalau kamu sakit-sakitan dan hanya bisa berbaring di atas tempat tidur? Jaga kesehatanmu selagi masih muda dan memperbaiki segalanya.

6. Jangan pernah malas untuk berkenalan dengan orang lain. Karena kamu tidak tahu siapa yang akan bakal membantumu di masa depan, untuk mewujudkan impianmu. Lagi pula, selagi kamu muda, kamu juga harus banyak-banyak berdiskusi dengan orang lain. Saling tukar ide dan pendapat akan melatih daya pikirmu sehingga akan menjadi lebih tajam.

7. Jangan beli baju dan sepatu terus. Sisihkan uangmu untuk membeli sebuah tempat tinggal yang layak dan nyaman. Kamu tak mau, kan terus ‘menumpang’ dengan orangtua atau saudara? Alangkah baiknya kalau kamu sudah punya tempat tinggal sendiri sebelum usia 30 tahun.

8. Masih bingung apa artinya finansial yang sehat? Ya, untuk bisa berinvestasi dan tak pusing memikirkan keuangan, kamu harus memastikan kesehatan finansialmu. Ketentuannya sangat sederhana. Finansial yang sehat itu tanpa utang. Jadi, segera bebaskan dirimu dari utang-utang yang ada.

9. Setiap orang pasti punya definisi sukses yang berbeda. Tapi, ada beberapa hal penting yang memang sudah menjadi standar ukuran kesuksesan seseorang. Tak masalah kalau kamu pikir kesuksesan bukan perkara uang. Tapi paling tidak, cobalah untuk menjadi orang berguna dan menginspirasi banyak orang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*