Kuliner di Sekitar Kuta Bali

 

kudeta

 

Saya dan suami punya guyonan pribadi mengenai pertanyaan sejuta umat yang akan ditanyakan setidaknya sekali seumur hidupnya oleh seorang manusia. Pertanyaan itu adalah: makan apa kita hari ini? Pertanyaan itu bisa disampaikan dengan nada bercanda sayang suami kepada istrinya, atau nada manja istrinya kepada suami (kalau suami saya ngerti ini tanda saya lagi minta makan yang agak mewah), nada lelah (ini pas akhir bulan dan gaji dibayar telat), nada marah (kalau uang belanja malah dibuat main asal-asalan). Dan berhubung sekarang juga lagi bulan puasa, rasanya lebih nggak punya tenaga kalau pulang kantor harus masak untuk buka puasa. Pilihan praktisnya ya beli di luar, sekalian sambil wisata kuliner. Kalau dulu saat saya berwisata ke Bali bersama keluarga 15 tahun yang lalu, cari warung itu susah banget, jarang ada warung halal. Pilihan satu-satunya pada saat itu adalah nasi Padang yang jelas mahalnya. Mau makan di cepat saji pun malas, karena kami masih belum familier, dan membawa rombongan orang sepuh. Sekarang banyak orang Jawa atau Madura yang buka lapak lalapan atau bakso, pilihan makanan jadi lebih mudah dan beragam. Teman saya yang minggu lalu menginap di Kuta tanya-tanya, di mana bisa beli makanan murah dan banyak. Maklum, mahasiswa biasanya kalau mau beli makan itu dilihat dulu kuantitasnya, harganya, baru kualitas. Nah, kalau yang ini saya nggak bisa. Buat saya aktivitas makan itu juga sekalian memanjakan lidah, bukan hanya sekedar bikin kenyang perut. Nah, lanjut saja jalan-jalan kulinernya.

1. Warung Malang Ini favorit saya kalau lagi kepingin makan mewah dan banyak. Warung Malang ini masuk ke dalam gang, di Jalan Pattimura. Coba tanya Mbah Gugel, pasti deh tahu si Mbahnya. Menunya Chinese food dan seafood, halal, porsinya juga buanyakk. Kalo malam banyak bule juga yang makan di situ. Tempatnya luas, bisa datang berombongan. Rekomendasi: nasi goreng ikan asin. Kalau minuman apa aja asal jangan jus jeruk. Saya pernah pesan jus jeruk di situ, yang datang malah es perasan jeruk nipis. Harga mulai dari Rp 14,000-an

2. Sate gule Jl Pattimura Letaknya sebelum Warung Malang, persis di pertigaan gang masuk Jalan Pattimura, di depan Indomaret. Warungnya kecil, ciri khasnya gerobak sate. Sate dan gulenya enak. Halal, yang jual muslim. Harga sekitar 14,000-an.

 

kudeta3

 

3. Warung jawa Saya lupa nama warungnya, letaknya di Jalan Raya Kuta, sebelum Hotel Arya. Warung ini terletak di kiri jalan (kalau dari arah Central Park), di depan warung makan besar. Jualnya rawon, soto, dan nasi campur. Halal. Enak. Harga bervariasi, tapi masuk akal kok.

4. KFC KFC ada di dalam komplek Supermarket Gelael, jalan Raya Kuta. Silakan Gugling.

5. Nasi Pedas Bu Andika, Nasi Pecel Bu Tinuk Yang ini letaknya di Jalan Raya Tuban, deketan sama Joger. Terus terang saya belum pernah coba makan di sana. Tapi kedua warung ini selalu nyempil di ulasan kuliner Bali.

6. Bebek H. Slamet, Ayam Tulang Lunak Malioboro Kalau main di Circus Waterpark di Jalan Kediri, di dekatnya ada dua warung ini. Franchise dari warung yang lebih dulu beken di Jawa. Ehem, yang ini saya juga belum pernah mampir.

7. Warung Surabaya Letaknya di Jalan Wana Segara (atau lanjutan Jalan Kediri). Dari pertigaan yang ada patung Dewa Baruna, ambil jalan lurus menuju Rama Beach Resort dan Hotel Aston. Letaknya hanya seratusan meter dari patung itu, sebelah kiri jalan. Warungnya kecil banget, makanannya enak dan murah. Langganan karyawan hotel untuk makan siang.

8. Warung Made Atau dikenal juga dengan Made’s Warung. Letaknya di Jalan Pantai Kuta, deket banget dengan KFC Kuta Square. Ahh, lidah saya ndeso, dan kantong saya juga ndeso. Ini restoran bule yang pake nama ‘Warung’. Disini gado-gado dan nasi campur, rasanya biasa saja, overpriced, sementara untuk menu steak mulai dari harga Rp 85,000-an.

9. Pizza Hut Ada di Jalan Pantai Kuta yang depan pantai persis, satu jalan dengan Hard Rock dan McDonalds.

10. Warung Kopi Pulang dari Kuta bisa mampir Seminyak yang tidak terlalu jauh. Warung ini letaknya didepan supermarket Bintang, persis setelah gang. Nasi campur antara 10,000-14,000, menu lalapan harganya Rp 14,000-an. Ini warung Bali, warungnya kelihatan keciil banget, nyempil di sebelah gang. Tapi di dalamnya luas, jadi tamu bisa makan didalam.

11. Pasar Kalau di Bali, yang namanya pasar itu biasanya dipenuhi oleh penjual makanan, bukan penjual sayur. Hihihi. Kalau dari Seminyak, ada dua pasar yang bisa dituju, Pasar Senggol di jalan Nakula, atau pasar senggol Kerobokan yang letaknya sama dengan pasar buah, yaitu tepat di perempatan jalan Kerobokan-Petitenget. Harga bersahabat. Halal? Tergantung warungnya.

12. Warung Sulawesi, Warung Padang, Warung Banyuwangi, dan Warung Kolega Nah, dari Seminyak mau jalan kemana lagi? Kalau mau masuk ke Jalan Petitenget ada empat pilihan tempat makan. Yang pertama adalah Warung Sulawesi. Enak. Mahal. Yang kedua adalah warung Padang di sebelah Igor’s Pastry. Enak, dengan harga rata-rata sekitaran 20,000-an. Lanjut ke Warung Banyuwangi, yang menunya variatif. Parkirnya luas banget,  enak, harga juga lumayan. Agak mahal, tapi buat saya sesuai lah. Terakhir adalah Warung Kolega. Warung bule. Satu mangkok soto kena harga Rp 18,000-20,000 kalau pake tambahan telur asin.

13. Warung Banyuwangi, Holycow, Surabi Bandung, Nasi Tempong Indra Kalau dari Seminyaknya mau puter-puter sekitaran Jalan Dewi Sri, yang saya sarankan adalah Warung Banyuwangi, letaknya hampir mendekati Central Park. Tapi warungnya agak masuk ke dalam, jadi kadang suka nggak kelihatan dari jalan. Menunya nasi pecel, soto, nasi campur, batagor. Enak. Lalu ada Holycow. Restoran yang baru buka ini langsung dapat pelanggan dikarenakan namanya yang sudah tenar. Ada juga nasi tempong Indra. Makanan khas Banyuwangi ini disebut nasi tempong karena sambalnya yang pasti nempong (nendang). Menunya memang hanya sambal dan lauk. Satu porsi nasi tempong dihargai Rp 25,000-an, tapi jangan kuatir, porsinya porsi boss. Wkwkwk. Saya beli satu aja untuk dimakan berdua suami. Eh, kalau mau sekedar jajan, coba mampir Surabi Bandung. Buka sore kira-kira jam 4-an sampai agak malam. Harga Rp 9,000-14,000. Topping Surabinya melimpah. Slurp.

14. Fast Food Di sekitaran Sunset Road (Sunset Road juga masuk Kuta kan?) ada pilihan fast food dan tempat nongkrong untuk sekedar melepas lelah abis jalan-jalan di Pantai Kuta. Ada Sunset Star, gerai Starbuck dan McDonalds ada disini, sisanya warung makan bule yang mahal. Lalu Sunset Points yang menggandeng Supermarket S.E, Pizza Hut dan J.Co. Ehemm. Ulasan kulinernya sampai di sini dulu ya. Keriting nih tangan saya. Jangan sampe juga nih perut nyadar kalau saya sedang mikirin makanan, terus bangun, terus keruyukan. Hehe. Selamat berkuliner. Salam Kompasiana.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/senseiwachid/kuliner-di-sekitar-kuta-bali_54f6ca44a33311c55c8b4970

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*